Jadwal Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) Puskesmas Wangon II

Dilihat : 674 Kali, Updated: Sabtu, 06 Agustus 2022
Jadwal Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) Puskesmas Wangon II

Dalam Rangka Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) Tahun 2022, Puskesmas Wangon II mengadakan Imunisasi bagi anak di seluruh desa wilayah kerja puskemas. Latar belakang adanya BIAN yaitu masih ada 3,4 juta anak yang status imunisasinya tidak lengkap, terdapat peningkatan kasus campak rubela hampir di seluruh provinsi di Indonesia dan sebagian provinsi berstatus resiko tinggi terhadap transmisi polio. 

Rekomendasi para ahli perlu dilaksanakannya Imunisasi tambahan Campak-Rubela untuk mencapai Eliminasi 2023 juga perlu dilakukannya imunisasi kejar satu dosis polio suntik untuk mempertahankan Indonesia Bebas Polio dan mencapai Eradikasi Polio Global 2026 serta perlu dilaksanakannya imunisasi kejar guna menutup kesenjangan imunitas terutama pada anak dibawah usia 5 tahun.

Tujuan pelaksaan BIAN yaitu menghentikan transmisi virus campak dan rubella setempat (Indigenous) di semua Kab/Kota di wil Indonesia Th 2023 dan mendapat sertifikasi eliminsasi campak & rubella pada Th 2026 dari SEARO, mempertahankan Indonesia Bebas Polio dan mencapai Eradikasi Polio Global 2026 dan mengendalikan penyakit difteri dan pertusis.

Sasaran program BIAN yaitu usia 9 sampai 59 bulan Imunisasi Tambahan (MR) dan 12 sampai 59 bulan Imunisasi Kejar (OPV, IPV, DPT-Hb-Hib). Mari bersama kita sukseskan program BIAN bagi orang tua yang memiliki balita dengan usia sesuai dengan sasaran dapat mencermati jadwal BIAN desa di wilayah kerja di Puskesmas Wangon II sesuai jadwal di atas.

 

Komentar